herusastro

boyongan ke http://herusastro.blogspot.com/

DURIAN JUMAPOLO UENAK….

Semua orang pasti tau apa yang namanya durian.

Durian Jumaplo

Kemaren Minggu, 03/02/08 aku ma marista jalan2 ke perbatasan antara Sukoharjo dng karanganyar. Ngeliat orang yang menuju ke arah Solo atau Sukoharjo pasti bawa Durian.

Karena penasaran maka langsung aja aku & marista  melaju dengan motorku menuju daerah Jumapolo tempat istananya Durian. Wuuihh benar saja.. dikanan-kiri jalan banyak orang jualan durian.

Karena tertarik dengan kerumunan orang yang coba tawar menawar harga durian, aku akhirnya berhenti untuk melihat-lihat durian yang dijual.. harga yang ditawarkan bermacam-macam ada yang 5000-an sampe 30.000-an

Karena aku dah tau perkiraan harga yang ditawarkan akhirnya aku melanjutkan perjalanan lagi… dipekarangan penduduk banyak dijumpai pohon2 durian. Durian tergantung diatas pohon dan disangga dengan tali rafia (kata pemiliknya agar ketika jatuh tidak pecah)

Selain pohon durian, di Jumapolo juga banyak dijumpai Pohon Rambutan. Ketika aku lewat sekitar jam 15.00 WIB banyak penduduk yang sedang memetik buah Rambutan.

Karan sudah tau semua lokasi yang menjual Durian, akhirnya aku singgah disebuah warung kecil yang menjual durian dan rambutan. Aku dan marista mencoba  memilih Durian.. kemudian tak lama sang pemilik warung (ibu-ibu tua /nenek2) menghampiri. Dengan bahasa Jawa sang penjual bertanya “Ngersakne ingkang pundhi Mbak?”
dengan cepat aku langsung menjawab dengan menunjukkan 3 buah durian yang sudah aku pilih “Menawi tigo niki pinten buk?”
Kemudian sang penjual menjawab “Slangkung mas….” (25ribu)
Aku coba menawar “Pribun buk menawi tigo meniko 22ewu kemawon?”
“Nggih pun mboten punopo-punopo” jawab ibu

Akhirnya 3 buah durian dengan besar bervariasi; 2 sebesar kepala anak kecil umur 6 tahun dan 1 buah durian sebesar kepala orang dewasa aku beli seharaga 22ribu.

 Karena ditawarin buah rambutan aku akhirnya juga memebeli 2Kg buah durian. 1Kg buah durian seharga 2500. Muarah khaann……

Sudah puas dengan belanja buah durian dan rambutan akhirnya aku pulang dengan senang hati berharap durian yang aku makan dirumah nanti enak.

Sesampainya dirumah setetlah mandi, Sholat magrib akhirnya buah durian kau buka…. Wuiihhhh… rasanya uenaaakkk… Manis…. Mak.. Nyuussss…… uenak tennann…….

Ayo sispa yang mau jalan2 ke Jumapolo, Karanganyar.. Duriannya masih banyak lho…

Iklan

Filed under: Mogleng2

One Response

  1. buper berkata:

    wah betul3… duren nJumapolo pancen ma’ nyusss…
    ma’ nyuss rasane ma’ nyuss regane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: